Sakit Kepala, Migrain, Sakit Kepala Cluster & Sinusitis

Sakit kepala atau bahasa inggrisnya headache adalah penyakit yang sering dialami masyarakat. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis sakit kepala sebelum anda pergi ke dokter:

Sakit Kepala Sebelah, Sakit Kepala Belakang, Sakit Kepala Bagian Belakang, Sakit Kepala Sebelah Kiri, Sakit Kepala Terus Menerus, Sakit Kepala Sebelak kanan, Sakit Kepala Cluster, Sakit Kepala Migren, Sakit Kepala Pada Ibu Hamil

1. Migrain

Disebut demikian karena sebagian besar menimpa satu sisi kepala saja. Penyebabnya tidak diketahui secara pasti tetapi kemungkinan besar akibat penurunan aliran darah ke otak yang bersifat sementara. Gejala dimulai dari penglihatan yang seperti timbul aura (kilatan cahaya dll) atau bisa juga tapa aura. Beberapa saat kemudian terasa pusing yang mulai di sekitar mata kemudian menjalar ke atas kepala. Akan membaik ketika istirahat.

2. Sakit kepala cluster

Merupakan sakit kepala yang paling berat. Terasa nyeri di sekitar salah satu mata disertai dengan pengeluaran air mata, ingus hidung di sisi yang sakit kepala, dan pemicingan mata yang sakit. Timbul pada malam hari. Terutama disebabkan oleh minum alkohol atau obat vasodilator.

3.Sakit kepala tension

Disebabkan oleh kekakuan otot kepala mulai dari jidat terus sampai ke leher belakang. Penyebabnya adalah keletihan, misalnya terlalu lama duduk ngenet dsb. Cirinya nyeri terasa di semua kepala mulai jidat sampai kepala belakang. Sering diobati dengan pemijatan ringan pada pundak dan relaksasi otot.

4. Nyeri ice pick

Bersifat terlokalisasi pada satu titik kulit kepala. Terasa seperti disengat listrik lamanya kurang dari sedetik. Dapat berulang.

5. Sinusitis

Adalah peradangan pada sinus muka. Sakit kepalanya bisanya terasa di daerah jidat atau di muka. Terasa semakin sakit ketika menunduk manandakan adanya sinusitis.

Semua jenis sakit kepala perlu untuk diperiksa untuk diberikan penanganan. Yang harus diperhatikan adalah jika sakit kepalanya berlangsung lama dan cenderung untuk semakin parah karena ini menndakan salahsatunya adanya tumor di otak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar