Obat Sakit Kepala Sebelah, Kiri Kanan

Obat migren yang beredar di pasaran Indonesia terbagi dalam beberapa kelompok yaitu :

  1. Obat sakit kepala biasa yang biasa ditambah dengan kafein dosis tinggi.
  2. Obat migren ergotamin
  3. Obat migren dari golongan triptan misalnya : sumatriptan.
  4. obat migren pizotifen dari golongan antihistamin
Pengobatan Migren

Pengobatan migren yang terbaik adalah disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Sangatlah membantu jika anda mengerti pilihan pengobatan migren. Bicarakan ke dokter anda mengenai sakit kepala dan gejala lainnya.

Tergantung pada keputusan diri anda dan dokter anda, pengobatan migren bisa satu atau dua dari kategori :

  1. Propilaksis migren (obat pencegahan), pengobatan ini untuk mengobati migren dengan cara mengkonsumsi obat secara teratur untuk mengurangi serangan sakit kepala migren yang anda derita. Obat pencegah migren mencegah serangan migren sebelum terjadi.
  2. Terapi penyembuhan sakit migren akut, pengobatan ini untuk mengobati migren dengan cara mengkonsumsi obat hanya di waktu serangan sakit kepala migren atau akan terkena serangan sakit kepala migren. Meminum obat pada waktu yang tepat akan dapat meringankan sakit pada serangan migren. Obat sakit migren akut yang termasuk golongan triptan merupakan langkah terdepan dalam pengobatan migren.
Sakit Kepala Migren

Sakit Kepala Migren adalah nyeri berdenyut hebat dan berulang, yang biasanya mengenai salah satu sisi kepala tetapi kadang mengenai kedua sisi kepala.

Nyeri timbul secara mendadak dan bisa didahului atau disertai dengan gejala-gejala visual (penglihatan), neurologis atau saluran pencernaan.

Migren bisa terjadi pada usia berapa saja, tetapi biasanya mulai timbul pada usia antara 10-30 tahun; kadang menghilang setelah usia 50 tahun.

Lebih sering menyerang wanita.

Sakit kepala migren biasanya lebih hebat daripada sakit kepala akibat tekanan darah.

Pada beberapa penderita, sakit kepalanya ringan dan bisa dihilangkan dengan obat pereda nyeri yang dijual bebas.

Tetapi migren seringkali hebat dan membuat penderita menjadi tidak berdaya, terutama jika disertai dengan mual, muntah dan silau mata (fotofobia). Pada kasus seperti ini, biasanya selain obat pereda nyeri, penderita juga membutuhkan istirahat dan tidur untuk mengurangi sakit kepalanya.

Sekitar 10-30 menit sebelum sakit kepala dimulai (suatu periode yang disebut aura atau prodroma), gejala-gejala depresi, mudah tersinggung, gelisah, mual atau hilangnya nafsu makan muncul pada sekitar 20% penderita.

Penderita yang lainnya mengalami hilangnya penglihatan pada daerah tertentu (bintik buta atau skotoma) atau melihat cahaya yang berkelap-kelip.

Ada juga penderita yang mengalami perubahan gambaran, seperti sebuah benda tampak lebih kecil atau lebih besar dari sesungguhnya.

Beberapa penderita merasakan kesemutan atau kelemahan pada lengan dan tungkainya.

Biasanya gejala-gejala tersebut menghilang sesaat sebelum sakit kepala dimulai, tetapi kadang timbul bersamaan dengan munculnya sakit kepala.

Nyeri karena migren bisa dirasakan pada salah satu sisi kepala atau di seluruh kepala.
Kadang tangan dan kaki teraba dingin dan tampak membiru.

Pada penderita yang memiliki aura, pola dan lokasi sakit kepalanya pada setiap serangan migran adalah sama.

Migren bisa sering terjadi selama waktu yang panjang tetapi kemudian menghilang selama beberapa minggu, bulan bahkan tahun.

Untuk pemilihan obat migren yang tepat ada baiknya anda harus periksakan diri dan konsultasi ke dokter spesialis jantung.

Di apotik online medicastore anda dapat mencari obat migren dengan merk yang berbeda dengan isi yang sama secara mudah dengan mengetikkan di search engine medicastore. Sehingga anda dapat memilih dan beli obat migren sesuai dengan kebutuhan anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar